Pelatih Legenda:Ferdinand Daucik, Sang Pembuka Jalan Kesuksesan FC Barcelona

Pelatih Legenda:Ferdinand Daucik, Sang Pembuka Jalan Kesuksesan FC Barcelona

Pelatih Legenda:Ferdinand Daucik, Sang Pembuka Jalan Kesuksesan FC Barcelona - Kembali Lagi Pada Postingan Kali ini Blog Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Pelatih Legenda:Ferdinand Daucik, Sang Pembuka Jalan Kesuksesan FC Barcelona, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.

Ferdinand Daucik
Ferdinand Daucik

Pep Guardiola, Johan Cruyff, Frank Rijkaard adalah beberapa nama mantan pelatih barca yang sudah tidak perlu lagi kita bahas kesuksesannya, mulai dari rekor gelar/trofi, pencipta fondasi total football dan pemupus dahaga gelar 5 tahun publik camp nou. Namun masih banyak mantan pelatih barca yang sejatinya memiliki cerita sejarah yang kala itu adalah sebuah pencapaian yang sangat sulit disaingi oleh pelatih manapun alias fenomenal.

Ferdinand Daucik namanya, pria kelahiran 30 mei 1910, asal Cekoslowakia (kini slowakia) ini membesut Barca selama 4 tahun tepatnya rentang waktu 1950 s/d 1954. Torehan fenomenal yang pertama ia bukukan adalah, direntang waktu itu ia berhasil memenangkan 5 tropi yang berbeda – beda yaitu; La Liga, Copa Del Rey, Copa Eva Duarte (kini supercopa), Latin Cup (cikal bakal UCL) dan Copa Martini Rosi (cikal bakal tropi Joan Gamper). Dari kelima trofi tersebut perolehan Hattrick copa del rey pada musim 50/51. 51/52 dan 52/53 serta “treble” winners di musim 1951/52 adalah yang paling fenomenal.

Daucik tiba di Barca bersamaan dengan saudara iparnya yang kelak menjadi legenda Barca dan juga dibuatkan patungnya di Camp Nou, yak tepat sekali, ia adalah Ladislau Kubala, predator handal Barca di era 50an yang bekerja sama apik dengan predator di era sebelumnya Cesar Rodriguez. Pada awalnya Daucik sempat kesulitan menangani Barca, hal ini diakibatkan larangan bermain yang diterima Kubala pada musim pertamanya, namun karena Kubala diperbolehkan bermain di Copa Del Rey, tak pelak lagi, dimusim pertamanya Daucik berhasil mempersembahkan Trofi Copa Del Rey.

2 musim berikutnya yaitu 1951/52 dan 1952/53 merupakan era keemasan seorang Daucik dengan beberapa pemain kunci yang kelak menjadi legenda besar Barca, mereka antara lain adalah; Cesar Rodriguez, Ladislau Kubala, Joan Segarra, Ramallets dan Gonzalvo III. Musim 1951/52 ia langsung mempersembahkan treble bagi Barca, La Liga, Copa Del Rey, dan Latin Cup. Karena dulu belum ada kejuaraan resmi antar eropa, Latin Cup bisa kita sejajarkan dengan UCL namun degan kapastis yang lebih rendah karena hanya diikuti 4 negara yaitu, Spanyol, Portugal, Italia dan Prancis. Dengan demikian pencapaian ini bisa dibilang mendekati dengan treble 2009 hanya kualitas UCL tentu jauh diatas Latin cup, namun untuk ukuran tahun itu pencapain ini sangat luar biasa. Musim 1952/53 kembali double gelar diberikan Daucik yaitu La liga dan Copa Del Rey, tak lupa sebuah trofi Copa Eva Duarte juga ia persembahkan. Total di 3 musim pertama Daucik sudah mempersembahkan 7 trofi, sebuah pencapaian yang belum pernah dilakukan oleh pelatih Barca sebelumnya.

Musim terakhir Daucik berlalu dengan kurang baik, ia sering mengalami pergesekan dengan beberapa pemain hingga akhirnya ia mengundurkan diri. Namun di awal kompetisi, Daucik masih sempat mengantar Barca menjuarai Copa Eva Duarte, gelar kedelapan bersma barca yang ia cetak dalam 4 musim.

Efek tangan dingin Daucik ini tidak hanya gelimang tropi dan meningkatnya reputasi klub, lebih dari itu Daucik secara tidak langsung ikut menaikkan jumlah penonton dan fans fc barcelona kala itu, tentunya hal ini berimplikasi langsung terhadap pendapatan klub. Seiring tangan dingin Daucik memoles Kubala, lahirlah ide untuk membuat stadion baru yang berukuran lebih besar untuk menampung jumlah penonton yang semakin hari semakin meningkat animonya. Yak benar, inilah cikal bakal stadion kebanggan kita saat ini Camp Nou, stadion terbesar di eropa.

Daucik adalah salah satu pelatih yang memiliki sejarah penting bagi Barca, bagi kami ia layak disejajarkan dengan 3 pelatih yang namanya kami sebutkan diatas, Daucik tidak hanya menghasilkan tropi – tropi bergengsi ke lemari Barca, tidak hanya menciptakan legenda – legenda Barca, namun ialah salah satu titik awal yang membangkitkan reputasi barca, ia juga orang yang berperan langsung atas naiknya jumlah supporter barca di era 1950an. Daucik, seorang pelatih besar yang pernah bekerja untuk Barca, adalah sebuah kesalahan besar jika seorang cule tidak mengenal mantan pelatih yang sudah meninggalkan hal – hal indah bagi Barca yang sebenarya menjadi pembuka jalan kesuksesan barca di era berikutnya di tangan Helenio Herrera dengan mega bintang Luis Suarez Miramontes.

Sumber; Web Resmi Barca, BDF dan Wiki

Selengkapnya di : http://www.updatenya.com/2013/06/pelatih-legendaferdinand-daucik-sang.html

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Pelatih Legenda:Ferdinand Daucik, Sang Pembuka Jalan Kesuksesan FC Barcelona