Cara Mulai dan Hitungan Bisnis Laundry Kiloan

Cara Mulai dan Hitungan Bisnis Laundry Kiloan

Cara Mulai dan Hitungan Bisnis Laundry Kiloan - Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Cara Mulai dan Hitungan Bisnis Laundry Kiloan, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

Cara Mulai dan Hitungan Bisnis Laundry Kiloan - Walaupun pelaku ini di bisnis ini terbilang sudah ramai, namun tidak ada salahnya jika anda ikut mencobanya. Apalagi sekarang masyarakat kelas menengah di perkotaan sedang mengalami trend peningkatan, hal ini bisa menjadi indikator kalau bisnis lundry kiloan masih mempunyai prospek bisnis yang cerah.

Dibawah ini akan diberikan beberapa tips unutk anda yang ingin memulai bisnis laundry kiloan. Semoga berguna.

Berikut Tips Cara Mulai Bisnis Laundry Kiloan


1.      Memilih Lokasi Strategis

Lokasi merupakan faktor utama dalam memulai sebuah usaha termasuk bisnis laundry kiloan. Lokasi yang cocok untuk dipilih misalnya dapat berupa daerah sekitar kost-kostan mahasiswa atau karyawan. Selain itu di daerah perumahan juga menjadi salah satu tempat yang paling tepat untuk mengembangkan usaha laundry kiloan.


2.      Memperhatikan Kompetitor

Jika anda sudah menemukan lokasi yang tepat, perhatiakn kompetitor anda yang ada di lokasi tersebut. Anda dapat mencari kelebihan dan kekurangan dari kompetitor anda. Dengan mengatahui kelemahan dan kelebihan kompetitor ini, tentu akan memacu Anda untuk memberikan pelayanan ekstra kepada calon pelanggan.

3.      Mesin Cuci dan Pengering

Di awal sebaiknya anda menggunakan satu mesin cuci dan satu mesin pengering.Seiring berjalannya waktu,jumlah pelanggan pasti akan bertambah dan memiliki kesempatan membeli mesin lagi untuk meringankan waktu yang tertunda.

Untuk pembelian mesin boleh dengan yang baru ataupun bekas(second) sesuai dengan budget Anda. Tetapi Anda harus cermat setiap memilih mesin dan banyak bertanya tentang spesifik di setiap mesin.


4.      Karyawan

Pilih karyawan baiknya yang berdomisili dekat dengan usaha Laundry Anda atau sediakan tempat/ruangan untuk menginap jika Laundry Anda ramai. Untuk jumlah karyawan sesuaikan dengan jam buka usaha Anda,bila buka dari pagi sampai malam.Sebaiknya gunakan 2 shift(pagi dan siang). Dan batas jam kerja normal itu 8 jam.Jika lebih dari itu akan dimasukkan hitungan lembur.

Sebagai gambaran usaha Laundry Kiloan yang buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam membutuhkan 4 karyawan dengan gaji yang Anda sesuaikan,belum termasuk uang lembur dan uang makan. Karyawan merupakan pengeluaran terbesar,namun merupakan aset utama Anda.


5.      Perabotan

Perabotan yang dibutuhkan seperti meja setrika, kursi, keranjang baju, ember, rak, lemari dll. Baiknya anda juga perlu laukan renovasi pada kios Laundry Anda agar lebih bersih,rapi dan nyaman.Siapkan juga plastik untuk baju,kantong kresek,hanger,tag gun,tag pin,berbagai alat tulis,nota khusus Laundry,brosur untuk mempublikasi,dll.


6.      Memperhitungkan Biaya Bulan

Poin lain yang tidak kalah penting dalam memulai bisnis laundry kiloan adalah menghitung biaya bulanannya. Dalam hal ini Anda dapat menghitung biaya bulanan mulai dari listrik, air, gaji karyawan dan peralatan lainnya. Hitung berapa lama balik modal dan sebagainya.


7.      Mempertimbangkan Modal

Jika Anda belum memiliki modal yang cukup, maka Anda juga bisa menjadi agen saja, cukup dengan menyediakan tempat, daftar harga. Anda bisa bekerjasama dengan jasa laundry kiloan yang sudah ada dengan persentasi keuntungan bagi hasil atau sesuai dengnan ketentuan standar mereka.

Jika tidak ada, anda bisa mencari sumber modal (Baca: 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha).

8.      Franchise

Untuk mempermudah anda dalam menjalankan bisnis lundry kiloan, anda bisa ikut franchise. Saat ini cukup banyak laundry kiloan yang menawarkan franchise, anda bisa cari melalui Google.

Berikut Perhitungan Bisnis Laundry Kiloan


Modal Awal

 Jumlah
1 Mesin Cuci Front Loading,1 dryer gas besar(paket)  Rp      12.000.000
Perabot(jika ada tambahan diluar paket)  Rp        6.000.000
Renovasi tempat  Rp        1.500.000
Publikasi  Rp        1.000.000
Sewa tempat  Rp      10.000.000
Working capital  Rp        2.000.000
Tambah daya listrik  Rp           600.000
Cadangan  Rp           900.000
TOTAL Modal Awal  Rp   30.500.000


Perhitungan Pengeluaran Bisnis Luandy Kiloan


No.

Uraian

Debet

1
Gas LPG Rp 612.000

2
Bayar Rekening Listrik Rp 390.534

3
Bayar Rekening Air Rp 100.000

4
Kimia Laundry Rp 417.000

5
Plastik dan Kresek Rp 351.800

6
Gaji Karyawan Rp 2.760.000

7
Uang Makan Karyawan Rp 213.000

8
Pulsa Rp 38.000

9
Uang keamanan dan kebersihan Rp 30.000

10
ATK Rp 32.000

11
Service Mesin dan Peralatan Rp 100.000

12
Depresiasi Mesin dan Peralatan Rp 150.000

13
Sewa tempat Rp 800.000

Sub Total
Rp 5.994.334

Selengkapnya di : http://feedproxy.google.com/~r/BeritaAne/~3/lqd-qGYMjFA/cara-mulai-dan-hitungan-bisnis-laundry.html

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Cara Mulai dan Hitungan Bisnis Laundry Kiloan