Kandungan Susu DHA dan AHA pada Ibu

Kandungan Susu DHA dan AHA pada Ibu

Kandungan susu DHA dan AHA pada Ibu lebih sehat dan seimbang dibandingkan dengan susu buatan dalam formula pabrikan. AHA adalah kepanjangan dari Arachidonic Acid sedangkan DHA adalah kepanjangan dari Docosahexaenoic Acid. DHA dan AHA merupakan asam lemak yang sangat dibutuhkan bayi untuk pembentukan otak dan jaringan saraf juga jaringan penglihatan yang membantu pembentukan sistem imun pada bayi. Ternyata melalui ASI bayi akan mendapatkan DHA dan AHA yang diperlukan sebagai komponen utama lemak membran sel dan merupakan asam lemak tak jenuh dalam rantai panjang utama sistem saraf  pusat juga merupakan komponen utama membran sel fotoreseptor retina. Menurut Dr E. Birch bahwa anak usia 4 tahun yang mendapatkan asupan DHA kadar 0,36 persen (90 miligram DHA/100 gram) dan 0,72 persen AHA (180 miligram ARA/100 gram) selama 4 bulan pertama memiliki tingkat IQ lebih tinggi 7 poin dibanding bayi yang tak mendapat asupan DHA dan ARA dalam kadar sama.

kandungan susu DHA dan AHA pada Ibu

Karena keunggulan unsur asam lemak tersebut kemudian menginspirasi para peracik susu formula bayi untuk menambahkan kandungan DHA dan AHA pada produk pabrikan tersebut dengan harapan susu bayi yang diolah bisa mendekati kualitas ASI. Dr Hardiono Pusponegoro SpA (K) menyatakan meskipun banyak susu formula mengklaim mengandung DHA dan AHA belum tentu semuanya akan memberi dampak yang baik dan maksimal untuk pertumbuhan otak anak. Hardiono juga menjelaskan DHA dan AHA sebenarnya terdapat secara alami dalam air susu ibu (ASI). Konsultan anak bidang neurologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta itu menambahkan dibandingkan dengan susu formula yang diperkaya DHA dan AHA kandungan kedua asam lemak yang terdapat dalam ASI masih jauh lebih baik segi kualitas ataupun kuantitasnya dan secara alami memiliki komposisi yang tepat bagi tumbuh-kembang bayi.

kandungan susu DHA dan AHA pada Ibu

Saat ini hampir semua produsen susu formula pabrikan memasukkan berbagai benda dalam produknya, akan tetapi jumlahnya sedikit. Padahal, bila perbandingan DHA dan AHA dalam susu formula tak tepat hasilnya tak akan baik bagi pertumbuhan anak juga kecerdasannya tak akan meningkat ucap Hardiono dalam konferensi press mengenai kadar asupan DHA dan AHA yang tepat dan stimulasi sejak dini untuk nilai IQ anak lebih baik. Jadi, kandungan susu DHA dan AHA pada Ibu adalah pilihan yang cerdas dalam kehidupan anak di masa depan.

(picture by google.net)