10 Tips Agar Koper di Bandara Tidak Dibobol dan Hilang

10 Tips Agar Koper di Bandara Tidak Dibobol dan Hilang

10 Tips Agar Koper di Bandara Tidak Dibobol dan Hilang - Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang 10 Tips Agar Koper di Bandara Tidak Dibobol dan Hilang, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

10 Tips Agar Koper di Bandara Tidak Dibobol dan Hilang - Kasus koper di bandara yang rusak. robek dan dibobol isinya sudah menjadi rahasia umum di masyarakat. Bahkan yang mengalami kejadian tersebut tidak hanya penumpang tapi juga awak kabin.

Walaupun pihak bandara sudah mempunyai standart prosedur keamanan, namun anda sebaiknya berhati hati, jika perlu buat persiapan khusus sebelum anda bepergian menggunakan pesawat.

Dibawah ini akan dishare beberapa tips agar koper anda dibandera bisa terhindar dari aksi para ‘Tikus’ bandara.

10 Tips Agar Koper di Bandara Tidak Dibobol dan Hilang

Berikut Tips Agar Koper di Bandara Tidak Dibobol


1.      Jangan Simpan Barang Berharga di Bagasi

Modus pencurian barang di bagasi yang paling umum adalah merusak gembok tas dan resleting. Tak sedikit juga yang menyilet tas untuk mencari isinya. Oleh karena itu sebaiknya anda tidak menaruh barang berharga seperti perhiasaan, uang hingga alat elektronik anda di bagasi. Simpanlah barang barang tersebut di tempat yang mudah dibawa ke kabin pesawat.

2.      Pastikan jaminan keamanan

Pastikan Anda memahami informasi seputar asuransi perjalanan sebelum naik pesawat. Cari tahu kebijakan maskapai jika ada kehilangan bagasi dan keterlambatan pesawat.


3.      Selalu Waspada Saat di Conveyor Belt

Oknum porter atau petugas kebersihan biasanya memanfaatkan kelengahan penumpang saat menunggu bagasi di conveyor belt atau ruang tunggu bagasi. Saat penumpang sibuk melihat arah tas bagasi, mereka langsung mencuri tas kecil atau ransel yang tidak diperhatikan penumpang.

4.      Pilih Penerbangan Langsung

Pilihlah penerbangan langsung dengan satu maskapai, kehilangan bagasi lebih sering terjadi pada penerbangan transit. Apalagi jika penerbangan yang Anda pilih menggunakan dua maskapai. Bagasi Anda akan dipindah dari pesawat satu ke pesawat yang lain, dan ini akan menyebabkan kerumitan sendiri.


5.      Wrapping

Walaupun harus mengeluarkan biaya ekstra yaitu sekitar Rp 30ribu - Rp 35 ribu, tapi sebaiknya anda lakukan wrapping. Wrapping adalah membungkus tas/koper dengan lilitan plastik.

6.      Hubungi maskapai bila membawa barang berharga

Jika Anda membawa barang berharga seperti ini, jangan segan untuk menghubungi pihak maskapai untuk penjagaan yang lebih ketat.

7.      Jangan pakai tas resleting saja

Tanggung jawab kehilangan bagasi ada di pihak airlines. Namun penumpang juga harus tetap waspada, salah satunya dengan tidak menggunakan koper dari jenis yang hanya beresleting saja

8.      Perhatikan petugas X-ray dan Porter

Dari kasus pencurian bagasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, terungkap kalau ada kerjasama antara X-ray dan Porter. Jika anda berpergian bersama teman atau keluarga, sebaiknya minta salah satu orang untuk memperhatikan kedua oknum tersebut.

9.      Tidak membawa Bagasi

Cara yang paling gampang yaitu jangan membawa bagasi, terapkan prinsip berkemas praktis. Selain lebih mudah, Anda juga bisa lebih mengirit biaya tiket pesawat Anda.

10.  Segera melapor jika terjadi pembobolan

Jika anda mengalami kehilangan koper atau kerusakan, anda sebaiknya segera melapor ke bagian lost and found di terminal kedatangan. Petugas di bagian lost and found dari pihak airline ini yang akan menindaklanjuti laporan tersebut. Laporan pengaduan yang Anda berikan kepada pihak bandara harus meliputi lokasi terjadi di bandara mana, jam berapa, maskapai yang digunakan, dan nomer penerbangan.

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel 10 Tips Agar Koper di Bandara Tidak Dibobol dan Hilang