3 Jalur Seleksi Masuk PTN 2013

3 Jalur Seleksi Masuk PTN 2013

3 Jalur Seleksi Masuk PTN 2013Ujian Nasional 2013 untuk tingkat SMA/SMK/MA sederajat telah selesai dilaksanakan, selanjutnya siswa yang telah mengikuti ujian tersebut tinggal menunggu hasil ujian diumumkan. Setelah diantara mereka dinyatakan lulus maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi.

Tentunya anda ingin menjadi mahasiswa di Universitas-universitas negeri yang ada di negeri ini,, terutama universitas yang sudah terkenal misalnya UGM, UI, ITB, IPB dan lain sebagainya. Nah, untuk itu anda perlu memahami 3 Jalur seleksi untuk dapat Masuk PTN pada tahun 2013 ini.   
3 Jalur Seleksi Masuk PTN 2013

Berikut adalah penjelasan Mengenai "3 Jalur Seleksi Masuk PTN 2013" selamat membaca.

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 (SNMPTN 2013)
  2. Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Sejalan dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti seleksi melalui SNMPTN dan jika diterima di PTN akan mendapatkan beasiswa selama masa studi normal. Informasi ini menyajikan ketentuan umum SNMPTN 2013 yang diikuti 61 Perguruan Tinggi Negeri. Informasi yang disajikan meliputi persyaratan pendaftaran, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pemilihan Program Studi. Informasi ini diterbitkan untuk dipelajari secara seksama oleh calon peserta SNMPTN 2013. Secara rinci, informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN 2013 akan dimuat dalam Buku Panduan yang dapat diakses di laman (website) resmi http://www.snmptn.ac.id.

  3. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 (SBMPTN 2013)

  4. Merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri untuk tahun 2013, jenis seleksi ini berlaku bagi semua siswa yang telah dinyatakan lulus UN dan apabila tidak lulus pada SNMPTN 2013 maka dapat mendaftarkan diri pada program penerimaan ini. SMBPTN 2013 merupakan jalur seleksi dengan sistem ujian tertulis, berbeda dengan SNMPTN yang hanya mensyaratkan nilai Rapor, rekomendasi dari sekolah serta portofolio saja serta tidak dipungut biaya. SBMPTN 2013 peserta yang berniat untuk ikut serta dikenai biaya pendaftaran. Selengkapnya dapat mengunjungi http://www.snmptn.ac.id

  5. Seleksi Mandiri

  6. Jalur seleksi mandiri merupakan pilihan terakhir bagi calon mahasiswa untuk dapat masuk perguruan tinggi negeri pada tahun 2013 ini, jalur seleksi mandiri merupakan jalur dimana proses penerimaan mahasiswa baru mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing Perguruan tinggi. 
Demikian penjelasan singkat mengenai "3 Jalur Seleksi Masuk PTN 2013" , semoga dapat memberikan manfaat bagi adik-adik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan melalui kolom komentar yang telah disediakan.

Baca Juga :
Jika anda merasa ini adalah sebuah info yang penting dan bermanfaat, Kami Mohon Share (Bagikan) Link blog sederhana ini pada teman atau kerabat anda melalui link share ke sosial media yang telah disediakan, sehingga blog sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak, Terima Kasih,,,
Salam AYO BACA