Apa Penjelasan Dari CLI ?

Apa Penjelasan Dari CLI ?

Apa Penjelasan Dari CLI ? - Kembali Lagi Pada Postingan Kali ini Blog Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Apa Penjelasan Dari CLI ?, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.

CLI atau Command Line Interface, atau Antarmuka Baris Perintah - adalah suatu bentuk penggunaan komputer berbasis teks - dimana pengguna komputer memberikan perintah (baca : command, atau input) kepada komputer melalui pengetikan sejumlah baris perintah untuk kemudian diolah (baca : diproses) agar menjadi sebuah keluaran (baca : output).

Proses masukan (input) dan keluaran (output) pada sebuah komputer atau disebut juga dengan [[I/O]] adalah hal yang wajib dipelajari oleh para pelajar yang ingin mempelajari atau mendalami mata pelajaran pengenalan komputer (bagi sekolah menengah) atau ilmu teknik informatika (pada perguruan tinggi).


Tampilan antarmuka pengguna atau user interface [[UI]] pada CLI - biasanya - adalah berbasis teks yang sangat sederhana dan tidak serumit tampilan UI berbasis jendela (baca : window). Pengguna komputer cukup memberikan input pada layar berbasis teks sederhana yang ditandai dengan [[kursor, atau cursor]] yang berkedip - yaitu tanda bahwa komputer siap menerima perintah dari pengguna.



Pada umumnya proses penggunaan antarmuka baris perintah (
CLI) ini biasa juga disebut dengan akses [[konsole atau console]] - walaupun istilah konsole juga mengacu pada antarmuka berbasis jendela yang sangat rumit.

==
Penggunaan CLI ==
CLI umum digunakan pada sistem operasi berbasis [[linux]] maupun lainnya - terutama untuk pemrograman sistem dasar seperti : fungsi date, uname, echo, ifconfig dsb. CLI sangat berhubungan dengan bahasa pemrograman yang digunakan pada sebuah sistem operasi [[OS]], atau yang biasa dikenal dengan [[shell]] - yaitu lingkungan bahasa pemrograman tertentu yang digunakan dalam membangun atau mengembangkan sistem operasi tersebut.

Beberapa contoh bahasa pemrograman yang berhubungan dengan CLI dan shell :

* [[csh]]
* [[bash]]
* [[ksh]]
* dsb

Setiapnya memiliki kemampuan dan karakteristik maupun ciri khas tersendiri dalam penggunaannya sesuai dengan perpustakaan perintah (command library) yang dimiliki - yang berarti pengguna CLI harus mempelajari perpustakaan perintah sebelum memberikan perintah pada komputer, atau komputer tidak akan mengerti apa yang diperintahkan pengguna, bagaimana cara mengolah dan menampilkan hasilnya (output).

Catatan : Untuk Mengunjungi Artikel Asli Silahkan Anda Menuju Link yang ada Dalam Artikel ini

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Apa Penjelasan Dari CLI ?