Hikmah Saling Memaafkan

Hikmah Saling Memaafkan

Hikmah Saling Memaafkan - Kembali Lagi Pada Postingan Kali ini Blog Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Hikmah Saling Memaafkan, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.

Hikmah Saling Memaafkan. Mengucapkan kata maaf terkadang susah sekali bagi seseorang yang merasa dirinya benar menurut versinya sendiri. Apalagi mengucapkan kata maaf bagi tingkatan sosial dan kekayaan sebagai alat ukurnya serta derajat kekerabatan yang lebih tinggi kepada yang lebih fakir dan rendah - seolah-olah sebuah degradasi sosial karena seseorang yang meminta maaf selalu disejajarkan sebagai pihak yang bersalah. Untuk itu, permintaan maaf sebaiknya bukan hanya suara dari gerakan bibir semata, melainkan lahir sebagai getaran nurani yang paling dalam. Sehingga kata maaf yang dilafalkan terwujud pula pada sikap saling memaafkan.

Hikmah Saling Memaafkan

Sahabat blogger menyatakan, minta maaflah dengan ikhlas. Dan. apabila minta maaf sudah ikhlas, maka kamu tidak akan terikat pada hasilnya, apakah akan dimaafkan atau tidak dimaafkan. Jika minta maaf dengan tujuan agar dimaafkan, maka itu belum mencapai nilai ikhlas. Seseorang akan kembali marah ketika permohonan maaf tidak diterima dan gembira ketika ucapan maafnya diterima. Jabat tangan maaf seperti ini masih dalam belenggu pada hasil dan jelas belum ikhlas. Minta maaflah sepenuh hati lalu serahkan dengan nurani yang bersih dan jujur apa pun reaksinya.

Hari raya idul fitri nuansa permintaan maaf menjadi sebuah tradisi yang hikmat. Semua yang kembali pada fitrah usai ramadhan akan saling memaafkan sebagai upaya jujur melebur segala kesalahan menjadi sebuah awal kebaikan, baik kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja bersatu menjadi nilai-nilai kebaikan hanya dengan ucapan maaf. Dan, hikmah saling memaafkan ada pada lafal dan nurani kita - ketika takbir bergema di ufuk syawal hingga keikhlasan terasa bersemi di dalam kalbu.


Ada tiga manfaat saling memaafkan pada idul fitri ini, yaitu:
  • afwun bi ‘afwin (saling memaafkan) yang diikrarkan antara yang minta maaf  dan memberi maaf.
  • halalun bi halalin (saling menghalalkan) yang berkaitan dengan harta benda agar mendapat ridha atas segala kekeliruan dan kesalahan.
  • du’aun bi du’ain (saling mendoakan) antara  yang tua dan muda, pimpinan dan karyawan, pejabat negara dan rakyat serta sesama kawan dan kerabat.
Allah Swt sangat senang dengan orang yang suka meminta maaf. Karena dengan permintaan maaf berarti seseorang mengakui kesalahan yang diperbuatnya. Sadar akan kesalahan terhadap orang lain, akan membawa kabaikan bersama serta meluruskan niat silaturahim - inilah hikmah besar saling memaafkan.

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Hikmah Saling Memaafkan