Ciri Hati yang Yakin

Ciri Hati yang Yakin

Ciri Hati yang Yakin - Kembali Lagi Pada Postingan Kali ini Blog Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Ciri Hati yang Yakin, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.

Semua hijab di hati sumbernya adalah cinta dunia dan nafsu syahwat. Sehingga hati sulit memiliki keyakinan kepada Allah SWT. Akhlak seseorang akan berubah menjadi lebih baik jika adanya keyakinan yang kuat kepada Allah SWT di hatinya. Keyakinan yang kuat kepada Allah SWT di hati bisa dirasakan jika mempunyai tekad yang kuat untuk bisa bersih hati, istiqomah bertaubat dengan sungguh-sungguh dan mujahadah (sungguh-sungguh perang melawan nafsu syahwat), atau ada jalan lain, yakni melalui ujian penderitaan. Jika hati sudah merasa yakin kepada Allah SWT, maka akhlak akan berubah menjadi lebih baik.

Latihan (riyadhoh) untuk meningkatkan keyakinan kepada Allah SWT di hati adalah dengan memperbanyak tafakur dengan cara selalu mengkaitkan segala sesuatu kepada Allah SWT. Orang yang sudah yakin kepada Allah SWT, maka akan sulit lupa kepada-Nya.

Ciri-ciri orang yang hatinya menuju yakin kepada Allah SWT:
1. Faqih, diberi pemahaman ilmu agama dan dimudahkan untuk mengenal Allah SWT.
2. Bersih hati, dibukakan hati untuk melihat dosa/aib/kekurangan diri.
3. Diberi banyak ujian penderitaan dalam hidupnya, dari ujian ke ujian berikutnya, membuat hatinya lepas dari ketergantungan kepada dunia. Saat itulah Allah SWT suka dengan hamba-Nya.

Banyaknya ibadah dan ilmu, belum tentu hatinya bisa masuk ke dalam wilayah yakin kepada Allah SWT. Selama masih ada sandaran selain Allah SWT, maka akan sulit yakin kepada Allah SWT.

Orang berilmu adalah orang yang mengenal Tuhannya, sehingga mampu memposisikan diri sebagai hamba. Orang yang disebut ulama, adalah dengan ilmunya, yakin dengan keberadaan Allah SWT dan takut kepada Allah SWT. Jika orang dengan ilmunya membuat dirinya sombong, maka dipastikan dengan ilmunya itu dia gunakan untuk mencari dunia.

Padahal Ilmu yang digunakan untuk mendekat kepada Allah SWT pasti akan membuat lapang hati dan tenang. Periksalah hati, apa tujuan mencari ilmu, apakah karena ingin dekat dan yakin ke Allah SWT atau untuk mencari dunia?

Agar yakin kepada Allah SWT, maka bermujahadahlah (sungguh-sungguh melawan hawa nafsu), sebagaimana kesungguhan mengejar dunia, itulah aksi sebenarnya agar benar-benar yakin ke Allah SWT.

Orang yang hatinya sudah yakin kepada Allah SWT akan tenang dan bahagia, karena hatinya sudah tidak bergantung dan berharap kepada selain Allah SWT. Berharap kepada selain Allah SWT akan membuat kecewa dan gelisah.




By Chika Imut

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Ciri Hati yang Yakin