Disk Ini Bisa Amankan Data Hingga 1 Juta Tahun

Disk Ini Bisa Amankan Data Hingga 1 Juta Tahun

Disk Ini Bisa Amankan Data Hingga 1 Juta Tahun - Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Disk Ini Bisa Amankan Data Hingga 1 Juta Tahun, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

Disk Ini Bisa Amankan Data Hingga 1 Juta Tahun

Teknologi terus berkembang dengan pesat. Hasil dari penelitian di bidang teknologi itu terkadang berhasil membuat produk dengan kekuatan yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Seperti sebuah disk baru yang bisa dipakai sebagai ruang penyimpanan yang diklaim mampu bertahan dalam waktu 1 juta tahun. Disk ini merupakan hasil kembangan beberapa peneliti dari Optoelectronics Research Center dari University of Southampton yang bekerja sama dengan Eindhoven's University of Technology.

Dilansir Cnet Minggu (14/7/2013), para peneliti itu berhasil menemukan cara membuat sebuah disk yang mampu menampung kapasitas data sebesar 360 terabita dalam waktu 1 juta tahun.

Selain ruang penyimpanannya yang besar dan usianya yang panjang, disk ini juga disebutkan bisa bertahan hingga suhu 1,832 Fahrenheit atau 1.000 derajat celcius. Kemampuannya ini diakui mampu mengamankan data dari bahaya kebakaran maupun kejadian dengan suhu tinggi lainnya.

Teknologi ini ditemukan berkat keberhasilan pemanfaatan material gelas yang dikembangkan melalui nanostructures dan fused quartz. Data yang disimpan di media ini harus ditransfer menggunakan femtosecond laser, yang memungkinkan data dibentuk ke "nanostructured dots" dalam bentuk 3 layer yang berjarak 5 mikrometer satu sama lain.

Pada proses uji coba yang dilakukan, disk ini dikabarkan mampu bertahan hingga 1 juta tahun atau bahkan lebih lama lagi. Kemampuannya bertahan dalam kondisi ekstrem itu memungkinan pemiliknya menyimpan arsip penting untuk beberapa generasi mendatang.Sayangnya, tidak ada penjelasan apakah disk ini akan diproduksi secara massal. Akan tetapi, jikalau dibuat secara massal pun perangkat ini akan dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Sumber

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Disk Ini Bisa Amankan Data Hingga 1 Juta Tahun