Pasar Tumpah Kertak Hanyar Ketika Ramadhan

Pasar Tumpah Kertak Hanyar Ketika Ramadhan

Pasar Tumpah Kertak Hanyar Ketika Ramadhan - Kembali Lagi Pada Postingan Kali ini Blog Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Pasar Tumpah Kertak Hanyar Ketika Ramadhan, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.

Pasar Tumpah Kertak Hanyar Ketika Ramadhan. Hari ke 12 Ramadhan 1434 H yang bertepatan dengan hari minggu yang nampak cerah setelah lebih seminggu hujan sering mengguyur Kota Banjarmasin. Minggu (20/7) ini seperti biasa melangkahkan kaki menuju lokasi wisata kota yang selalu ramai - yakni pasar kertak hanyar yang terletak di Km 7,00 antara pukul 06.00 sampai pukul 08.30 wita yang pada umumnya disebut sebagai Pasar Tumpah walaupun bersifat illegal karena di tepi jalan raya. Menurut penjual kegiatan pasar tumpah ini tidak hanya hari Minggu, akan tetapi setiap pagi hari. Dipagari oleh parkir kendaraan roda dua dan roda empat, penjual menjajakan dagangan dengan seadanya di atas aspal dan trotoar. Jualan yang paling banyak adalah ikan sungai dan sayuran. Ikan haruan sebagai lauk yang digemari masyarakat banjar tersedia dari anak-beranakan hingga yang besar. Harganya pun lumayan murah dibandingkan pasar lain. Ikan haruan yang masih peranakan dijual seharga 15 ribu rupiah setengah kilogram. Sementara harga ikan Bukan hanya yang mentah, ikan anak-beranakan haruan yang sudah siap untuk dimasak dan disantap juga tersedia lengkap. Ada yang sudah dibumbui dengan sebutan 'iwak samu' ada pula yang sudah dipanggang dalam bentuk pepesan. Harganya cukup murah, untuk iwak samu semangkok 3 ribu rupiah sementara pepesan seharga 4 ribu rupiah. Sebagai bagian dari wisata kuliner bulan ramadhan tentu kusempatkan membeli dan menikmati sensasinya. Malah, burung belibis pun ada, mau yang sudah siap dimasak atau yg masih hidup untuk dipelihara silakan memilihnya.


Dan, jangan lupa untuk hidangan penutup dalam acara berbuka puasa membeli buah-buah segar yang tersedia hanya di pasar tumpah, ya karena di lokasi lain sulit mencari makanan maupun buahan tradisional, seperti manggis, mundar, kalangkala, ramania, kasturi dan asinan daun tinggaron. Harganya cukup murah karena baru saja musim buah yang cukup langka ini. mau jaring (jengkol) juga sudah tersedia masak dengan 2 versi - rasa yang sudah dipipihkan atau bentuk aslinya. Atau, kue dan jajan untuk berbuka puasa dalam bentuk ceper atau talam seperti kakaraban, bingka, lapis, dan amparan tatak pisang.

 

Salam ramadhan dan nikmati bahan sajian berbuka di Pasar Tumpah Kertak Hanyar

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Pasar Tumpah Kertak Hanyar Ketika Ramadhan