Tips Cara Merawat Ban Motor dan Mobil Agar Awet

Tips Cara Merawat Ban Motor dan Mobil Agar Awet

Tips Cara Merawat Ban Motor dan Mobil Agar Awet - Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Tips Cara Merawat Ban Motor dan Mobil Agar Awet, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

Tips Cara Merawat Ban Motor dan Mobil Agar Awet - Ban merupakan bagian terpenting dari sebuah kendaraan baik motor maupun mobil, jika tidak diperhatikan dan dirawat secara baik bisa meningkatkan resiko kecelakaan di jalan. Dibawah ini akan diberikan tips bagaimana cara merawat ban motor dan juga mobil.

Berikut Tips Cara Merawat Ban Mobil

1.      Harus menjaga tekanan angin

Anda harus selalu memperhatikan tekanan angin dan usahakan tekanan angin di ban Anda tidak kurang dari batas yang telah ditentukan oleh masing-masing produsen.


2.      Lakukan rotasi.

Hal ini dilakukan karena setiap ban itu memiliki perlakuan yang berbeda jadi kalau ingin seimbang habisnya atau rata maka harus selalu melakukan rotasi posisi. Rotasi yang baiknya itu dilakukan setiap 5.000 km. Boleh yang depan ke belakang atau sebaliknya.


3.      Lakukan Spooring

Hal ketiga yang tidak kalah pentingnya yakni melakukan spooring. Spooring itu bisa menyeleraskan roda.


4.      Bersihkan batu-batu yang ada di sela-sela ban

Hal yang jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan oleh pemilik mobil yakni membersihkan batu di sela-sela ban. Jangan anggap enteng hal ini Otolovers, karena batu yang menempel pada sela-sela ban itu akan mempercepat kerusakan ban mobil Anda.

5.      Gunakan Nitrogen

Bila memungkinkan, gunakan angin nitrogen untuk membuat umur ban lebih awet. Karena titik didih nitrogen sangat rendah sehingga ban tidak mudah panas

6.      Hindari lubang besar di jalan

Jagalah ban mobil Anda dari lubang di jalan. Sebab lubang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.

7.      Periksa penutup pentil

Jangan mengendarai mobil dengan ban yang tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

8.      Periksa bobot maksimal mobil

Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan.

9.      Balancing pada ban baru

Lakukan balancing ban baru untuk mencegah guncangan dan getaran saat mengemudi, serta keausan tidak merata.

Berikut Tips Cara Merawat Ban Motor

1.      Tekanan

Sama seperti mobil, anda perlu periksa secara rutin tekanan angin (baiknya setiap hari pada saat udara dingin). Samakan tekanan angin antara yang depan dan belakang. Standarnya, depan : 2.0  0.2 kg/cm2. Sedangkan belakang : 2.25  0.2 kg/cm2.

2.      Jarak tempuh

Periksa jarak tempuh dan sisi luar ban, untuk menjaga keselamatan. Setiap 10.000 km keseimbangan dan kelurusan ban harus dicek. Apalagi bila sering digunakan dengan kecepatan tinggi. Lakukan rotasi diantara kedua ban. Sebaiknya gunakan ban dengan diameter yang ditentukan dari standar sepeda motor Anda.

3.      Gunakan standard tengha saat parkir

Saat motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada ban pada posisi yang sama diwaktu yang lama.

4.      Perhatikan beban

Sepeda motor memiliki batas beban maksimal. Jangan berlebihan dalam membawa suatu barang dengan sepeda motor, hal ini bisa membuat umur ban semakin pendek.

5.      Kebiasaan dalam mengendarai
Cara mengemudi dari pengendara juga bisa mempengaruhi keawetan ban tersebut. Hindari memulai jalan dan pengereman yang mendadak, hal tersebut berpengaruh besar dengan keawetan ban.

6.      Hindari kontak sinar matahari

Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan membuat karakter karet ban berubah.

7.      Lakukan penggantian angin ban

Lakukan penggantian angin ban secara berkala. Bisa dilakukan tiap bulan, mengganti angin yang ada di dalam ban agar kondisi karet ban tidak lengket dan menjaga keawetan ban motor bagian dalam yang sering bocor kalau dibawa bepergian apalagi perjalanan jauh.

8.      Cek kebocoran pentil

Utamanya khusus buat ban yang pernah mengalami penambalan. Cara memeriksanya, lepas tutup pentil lalu beri air sabun di atas lubang pentil. Jika ada gelembung udara, berar kemungkinan pentil tersebut bocor. Berikutnya, keraskanlah pentil menggunakan alat pengencang pentil. Bila masih bocor, ganti dengan yang baru.

9.      Hindari kontaminasi cairan kimia

Hindari kontaminasi dengan cairan cairan kimia yang merusak seperti oli dan bensin. Segera bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.

Catatan : Untuk Mengunjungi Artikel Asli Silahkan Anda Menuju Link yang ada Dalam Artikel ini

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Tips Cara Merawat Ban Motor dan Mobil Agar Awet