Tips Untuk Merawat Baju Batik

Tips Untuk Merawat Baju Batik

Tips Untuk Merawat Baju Batik - Kembali Lagi Pada Postingan Kali ini Blog Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Tips Untuk Merawat Baju Batik, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.

Tips Untuk Merawat Baju Batik

Baju batik adalah baju khas dan tradisional dari Indonesia,baju batik adalah simbol warisan budaya kita yang telah turun-temurun sejak beberapa tahun lalu yang silam.Dan sampai sekarang model dan fashion baju batik masih menjadi diunggulkan sampai sekarang ini.Bahkan banyak orang memakai baju batik disaat ada acara resmi dan pemerintahan serta acara atau even lainnya.Tapi apakah baju batik bisa bertahan corak dan warnanya jika kita terus memakainya? Tentu bisa kalau kita bisa merawat dan menjaga baju batik tetap tampak cantik dan sempurna.



Seperti kita ketahui banyak orang menyukai batik karena beberapa alasan seperti warna,corak dan bentuk yang bagus serta menjadi ciri khas tersendiri bagi pemakainya.Tapi itu dia terkadang masalah dari merawat batik ini masih ada yang kurang mengetahuinya karena umumnya batik tidak sama dengan pakaian yang kita pakai selama ini dan juga cara perawatannya pun cukup terbilang tidak mudah,karena jika saja tidak demikian yang ada batik bukan jadi baju batik malah menjadi baju biasa yang corak dan warnanya bilang hilang bahkan pudar.


Setelah menjelaskan tentang batik diatas berikut ini ada beberapa tips buat teman-teman untuk merawata baju batiknya tampak tradisionals serta warna dan corak yang masih terlihat seperti barunya yang bisa diperhatikan dibawah ini :



1.Jangan Mencuci Batik Dengan Mesin Cuci

Batik yang dicuci menggunakan mesin cuci dapat membuat batik dan susunan baju serta warna bisa rusak dan pudar karena mesin cuci tidak cocok untuk mencuci batik.Karena didalam mesin cuci ada semacam sikat pembersih untuk baju yang tentunya dapat merusak corak dan warna dari batik tersebut.Untuk dapat mencucinya bisa menggunakan sabun cuci biasa yang dikucekkan ke baju dan jangan disikat cukup dengan mengkucek baju yang telah dibasahi air dan sabun lalu kucek-kucek dengan bersih sehingga baju batik tetap awet dan corak serta warna tetap kelihatah seperti barunya.



2.Jangan Menyemprot Batik Dengan Parfum

Seperti biasanya ketik menyetrika baju kita sering memberi semprotan parfum kedalam baju yang mana supaya baju biar harum.Tapi sebenarnya untuk batik sebaliknya karena batik yang disemprot dengan parfum bisa merusak motif dari baju batik tersebut.Cairan parfum kemungkinan tidak cocok dengan bahan dasar dari batik tersebut.



3.Hindari Terkena Panas Yang Berlebihan

Panas yang berlebihan baik dari setrika pada waktu menyetrika serta panas dari sinar matahari langsung sangat tidak baik motif dan corak batik karena panas yang berlebihan dapat membuat batik menjadi rusak baik warna maupun coraknya itu tadi.Untuk menjemur batik perlu ditempat yang tidak terlalu panas sehingga warna batik bisa bertahan lama tentunya.


Ini saja mungkin yang bisa diberikan penjelasan tentang tips untuk merawat baju batik.Bagi teman-teman yang mempunyai tips selain diatas bisa menambahkannya kedalam kolom komentar sehingga informasinya dapat lengkap dan terbantu bagi teman-teman kita yang mencari informasi.Semoga bermanfaat.



Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Tips Untuk Merawat Baju Batik