Shodan, Mesin Pencari Paling Menakutkan

Shodan, Mesin Pencari Paling Menakutkan

Shodan, Mesin Pencari Paling Menakutkan - Kembali Lagi pada Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Shodan, Mesin Pencari Paling Menakutkan, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

Istilah mesin pencari atau “search engine” sudah tidak asing lagi di telinga kita. ada Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Namun pernahkan anda mendengar mesin pencari bernama Shodan. saat anda membuka homepagenya di www.shodanhq.com ada slogan tertulis “Expose Online Devices”. Dari slogan tersebut harus diakui bahwa mesin pencari ini cukup mengerikan dan menghawatirkan. Bahkan, John Matherly, sang pencipta Shodan mengklaim bahwa mesin pencari buatannya adalah mesin pencari yang paling menakutkan di internet.
John Matherly
Shodan adalah sebuah mesin pencari yang dirancang untuk mencari perangkat dan sistem komputer yang terhubung dengan internet. Situs ini diluncurkan pada tahun 2008 oleh programmer John Matherly, yang memiliki ide mencari peralatan-peralatan yang terhubung dengan Internet. Shodan dianggap sebagai versi “gelap” dari Google yang mampu mencari server, webcam, printer, router, dan semua perangkat yang terhubung dengan internet. Berbeda dengan Google yang digunakan untuk mencari sebuah artikel, situs, atau informasi terkait web.
Shodan bekerja tanpa henti dan mengumpulkan informasi jutaan perangkat dan layanan yang terhubung dengan internet setiap bulan. Mesin pencari “gelap” Shodan ini mampu menemukan sistem lampu lalu lintas, kamera CCTV, perangkat otomatisasi rumah, sistem kontrol untuk taman air, pompa bensin, pendingin anggur hotel. Bahkan, sistem pembangkit listrik tenaga nuklir dapat ditemukan menggunakan Shodan.
Shodan For Hackers - BinusHacker
John Matherly mengatakan bahwa Shodan membatasi hingga 10 hasil pencarian tanpa akun dan 50 hasil pencarian jika menggunakan akun. Sang pencipta Shodan mengatakan bahwa tujuan diciptakannya Shodan adalah untuk kebaikan.
MApa yang krusial yang membuat Shodan mampu untuk melakukan hal (pencarian) ini – dan apa yang membuat Shodan begitu menakutkan – adalah bahwa sangat sedikit dari perangkat yang terhubung dengan internet menerapkan keamanan yang benar-benar baik.
Ini adalah kegagalan keamanan besar-besaran” kata HD Moore, Chief Security  dari Rapid 7, yang mengoperasikan versi pribadi database Shodan seperti untuk tujuan penelitian sendiri.
Pada Defcon cybersecurity conference tahun lalu Dan Tentler seorang Tester penetrasi keamanan independen, menunjukkan bagaimana ia menggunakan Shodan untuk menemukan sistem kontrol untuk menguapkan pendingin, pemanas air bertekanan, dan pintu garasi. Ia juga menemukan tempat pencucian mobil yang bisa dinyalakan dan dimatikan, sebuah arena hoki di Denmark yang dapat dicairkan dengan mengklik tombol. Seluruh sistem kontrol lalu lintas Sebuah kota yang terhubung ke Internet dan dapat dimasukkan ke dalam “test mode” dengan entri perintah tunggal. Dan dia juga menemukan sistem kontrol untuk pembangkit listrik tenaga air di Perancis dengan dua turbin yang masing-masing menghasilkan 3 megawatt.
Anda benar-benar bisa melakukan beberapa kerusakan serius dengan hal ini,” kata Tentler.  Ini adalah hal yang menghawatirkan jika jatuh ke tangan yang salah.
BinusHacker - Shodan HQ
Seperti yang dilansir dari CNN (08/04/2013), kehadiran Shodan ini tetap seperti sebuah pedang bermata dua, baik tidaknya mesin pencari Shodan ini akan tergantung dari penggunanya.

Selengkapnya di : http://grizenzioorchivillando.blogspot.com/2013/06/shodan-mesin-pencari-paling-menakutkan.html

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Shodan, Mesin Pencari Paling Menakutkan