Setiap Tahun, UGM Kelola Beasiswa Rp 66 M

Setiap Tahun, UGM Kelola Beasiswa Rp 66 M

Setiap Tahun, UGM Kelola Beasiswa Rp 66 M - Halo Sobat Semua gimana Kabarnya Hari Ini Semoga Sehat dan Lancar Dalam Menjalankan Aktifitas Sehari harinya. Oke Pada Postingan Kali ini Blog Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Setiap Tahun, UGM Kelola Beasiswa Rp 66 M, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.


MARCUS SUPRIHADI/KOMPAS IMAGESUniversitas Gadjah Mada

Suatufakta.com
 -YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) mengelola beasiswa Rp 66 miliar dari berbagai sumber setiap tahun untuk 11.700 mahasiswa. Sekretaris Eksekutif UGM, Gugup Kismono, mengatakan, beasiswa itu bisa dimanfaatkan pula oleh mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi.

"Besarnya jumlah beasiswa yang dikelola UGM memungkinkan mahasiswa penerima Bidikmisi yang mengalami kesulitan ekonomi tetapi memiliki kemampuan potensial secara akademik bisa bersaing mendapatkan beasiswa lainnya," katanya di Yogyakarta, Rabu.

Menurutnya, mahasiswa penerima Bidikmisi yang secara akademik memiliki kemampuan di atas rata-rata diizinkan untuk bersaing memperebutkan beasiswa dari sumber lain.

"Jumlah mahasiswa penerima Bidikmisi UGM saat ini sekitar tiga ribu orang, terdiri atas 500 mahasiswa yang diterima tahun 2010, 1.450 mahasiswa tahun 2011, dan 1.102 mahasiswa tahun 2012. Penerima Bidikmisi dibebaskan dari kewajiban membayar biaya kuliah," katanya.

Ia mengatakan, UGM mendistribusikan dana beasiswa bantuan hidup penerima Bidikmisi setiap bulan meskipun dana tersebut oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) diberikan secara kumulatif enam bulan sekali. Cara ini diamnil untuk menjaga agar dana tersebut bisa dimanfaatkan dengan efektif untuk keperluan pendidikan.

Menurut dia, UGM menyalurkan dana Bidikmisi setiap bulan agar dana tersebut dapat dikelola sebaik-baiknya dengan sasaran akhir keberhasilan pendidikan bagi penerima beasiswa.

"Kami berharap dana bantuan biaya hidup bisa dimanfaatkan mahasiswa penerima Bidikmisi dengan baik dan menggunakannya betul-betul untuk keperluan pendidikan," katanya.

Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2010 kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.

Jika tidak, lanjutnya, bukan hanya mahasiswa yang dirugikan, tetapi juga pemerintah yang menanggung risiko lebih besar karena meningkatnya kemungkinan mereka gagal dalam menyelesaikan pendidikannya.

"Masyarakat juga bisa dirugikan karena mahasiswa yang berpotensi tinggi untuk lebih berkontribusi bagi kemajuan bangsa gagal mengemban misi peningkatan kualitas pendidikannya," katanya.

Dalam beasiswa ini, bantuan biaya hidup sebesar Rp 600 ribu per bulan juga diperuntukkan memenuhi kebutuhan hidup mahasiswa. Dengan demikian, para mahasiswa bisa lebih berkonsentrasi dalam mengikuti proses belajar.

 

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Setiap Tahun, UGM Kelola Beasiswa Rp 66 M