Kelebihan Kekurangan Mobil Matik dan Mobil Manual

Kelebihan Kekurangan Mobil Matik dan Mobil Manual

Kelebihan Kekurangan Mobil Matik dan Mobil Manual - Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Kelebihan Kekurangan Mobil Matik dan Mobil Manual, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

Kelebihan Kekurangan Mobil Matik dan Mobil Manual - Walaupun beberapa tahun belakangan ini trend mobil matik terus meningkat, namun tidak sedikit orang yang masih menginginkan mobil manual. Kedua jenis mobil tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Untuk anda yang berencana membeli mobil, tapi masih bingung pilih yang matik atau manual, bisa baca ulasannya di bawah ini.

Berikut Kelebihan Kekurangan Mobil Matik dan Mobil Manual


Mobil Manual


Mungkin anda sudah tahu mengenai mobil jenis ini. Ya dikatakan mobil manual, karena perpindahan transmisi atau giginya masih manual. Amda harus menginjak pedal kopling, lalu memindahkan tuas transmisinya. Walaupun kelihatannya repot, namun mobil manual memiliki beberapa kelebihan.

Kelebihan Mobil Manual

- Akselerasi jauh lebih responsif

- Lebih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengemudi

- Penggunaa bahan bakar lebih irit

- Biaya perawatan dan perbaikan lebih sedikit
- Harga mobil baru lebih murah
- Mudah untuk dilakukan pengecekan sendiri
- Persentase loss power lebih kecil dibandingkan mobil matik.

Kekurangan Mobil Manual

- Lebih sulit dalam mengemudikan mobil manual (karena konsentrasi terpecah pada pedal gas dan rem atau juga dengan tuas transmisi)

- Lebih cepat lelah mengemudikan mobil tipe ini

- Kurang nyaman, kecuali memang orang-orang tertentu yang menginginkan sensasi hentakan mobil seperti offroader atau hoby mobil lain.
- Harga purna jual rata rata rendah.


Mobil Matik


Mobil jenis ini tidak perlu lagi pedal kopling untuk proses perpindahan transmisi. Anda cukup tekan pedal gas dan rem saja untuk mengendarai mobil jenis matik.

Kelebihan Mobil Matik

- Lebih praktis untuk dikendarai karena tidak perlu repot
- Tidak membuat supir jadi cepat lelah.

- Dapat diandalkan untuk jalanan macet seperti kotajakarta dan surabaya atau kota besar lainnya

- Purna jual rata-rata lebih baik.
- Keamanan lebih terjamin, sebab pada mobil matik tidak hanya memiliki handbreak tapi juga ketika tuas pada posisi P mobil tidak akan bergerak sama sekali.

Kekurangan Mobil Matik

- Perawatan harus lebih intensif.
- Perbaikan harus dilakukan segera.

- Pergantian oli lebih sering.

- Lebih boros bahan bakar, meskipun untuk pemakaian yang konstan (ideal)
- Akselerasi masih kurang apalagi untuk jalan tanjakan

- Tidak memiliki engine brake sehingga harus hati-hati menggunakan rem saat melalui track turunan yang cukup panjang yang mana kadang2 rem bisa kehilangan daya cengkram idealnya jika digunakan terus menerus (peningkatan suhu dan pemuaian cakram)

- Teknisi masih sedikit yang paham tentang mobil ini

- Harga beli mobil yang lebih mahal


Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Kelebihan Kekurangan Mobil Matik dan Mobil Manual